Sejarah Dan Asal Usul Kabupaten Klaten


Ada dua versi yang menyebutkan tentang asal mula nama Klaten, versi yang pertama menyebutkan bahwa kata Klaten berasal dari kata Kelati atau buah bibir. Kemudian seiring perjalanan waktu kata kelati ini mengalami disimilasi menjadi Klaten.

Versi kedua beradasarkan kata orang tua terdahulu dan turun temurun yang dikutip dalam buku berjudul “Klaten dari Masa ke Masa” yang diterbitkan Bagian Ortakala Setda Kab. Dati II Klaten Tahun 1992/1993.

Versi kedua ini menyebutkan bahwa Klaten awal mulanya berasal dari kata Melati, Melati adalah nama seorang Kyai yang datang dan menetap ke tempat yang masih hutan belantara (sekarang menjadi kota Klaten) kurang lebih 560 tahun yang lalu, dan semakin lama orang semakin berdatangan dan berkembang hingga menjadi kota Klaten seperti sekarang ini.

Nama lengkap Kyai Melati adalah Kyai Melati Sekolekan. Dan nama dukuh tempat tinggal Kyai Melati oleh masyarakat kemudian diberi nama dukuh Sekolekan (sekarang menjadi Sekalekan), nama Sekolekan adalah bagian dari nama Kyai Melati Sekolekan.

Kyai Melati dikenal sebagai seorang yang berbudi luhur dan sakti, karena kesaktiannya tersebut perkampungannya selalu aman dari perampok.

Setelah meninggal dunia Kyai Melati dimakamkan di dekat tempat tinggalnya.

Makam Kyai Mlati Pendiri Klaten

Makam Kyai Mlati Pendiri Klaten

Makam Kyai Mlati terletak di pusat kota Klaten, tepatnya d JL. Anggrek, Sekalekan, Klaten. Mungkin belum banyak orang yang tau tentang makam kyai melati ini, makam kyai melati ini dikeramatkan oleh warga sekitar karena merupakan asal mula dari klaten sendiri

Di komplek makam Kyai Mlati ini terdapat banyak makam tua. Tapi yang satu petak dengan makam Kyai Mlati terdapat tiga makam yaitu makam Kyai Mlati dan Istrinya, dan makam adek dari Kyai Mlati. Dan di dekat makam tersebut ada pohon yang dikeramatkan juga. Jika dilihat secara sekilas kompleks Makam Kyai Mlati tersebut memang seperti tidak terurus.

Makam Kyai mlati juga hanya diselimuti kain kafan, tidak seperti makam yang lainnya. Makamnyapun tidak seperti makam jaman sekarang, tapi hanya seperti batu bata yang di susun saja. Makam itu memang dibiarkan seperti itu, agar terlihat alami dan masih ada unsur sejarahnya.

Makam Kyai Mlati

Makam Kyai Mlati

Sebenarnya sudah banyak orang yang tahu akan makam Kyai mlati ini. Kebanyakan orang yang datang ke Makam Kyai Mlati ini untuk mohon doa. Menurut kepercayaan orang yang datang kesana, akan terkabul. Tak sembarang orang juga yang memohon doa di makam tersebut. Biasanya orang-orang berdoa disana untuk mendapatkan jabatan, untuk kelulusan ujian, jodoh dan segala macam yang mereka inginkan. Tapi sebelumnya harus percaya dulu dan melakukan ritual kejawen.

Hingga sekarang sejarah kota Klaten masih menjadi silang pendapat, belum ada penelitian yang menyebutkan kapan persisnya kota Klaten berdiri, selama ini peringatan hari jadi kota Klaten diambil dari hari jadi pemerintahan Kabupaten Klaten.

Sumber  : Dinas Pariwisata Pemkab. Klaten

About these ads

About Prista Ayu
Mahasiswa yang baru belajar nGeblog, Ngeblog untuk sekedar sharing ilmu, pengalaman, dokumentasi hidup, dan mencari teman. Boleh hanya numpang lewat tapi kalau mau komentar akan saya beri ucapkan terima kasih plus backlink gratis karena Blog ini sudah Dofollow -:). Boleh ngasih saran, kritik, caci maki tapi kalau nyepam tak masukin penjara Akismet he he he he ….

23 Responses to Sejarah Dan Asal Usul Kabupaten Klaten

  1. Pingback: Sejarah Lurik Dari Masa Ke Masa « Prista Fantasia

  2. Pingback: Sejarah Upacara “Yaqowiyu” Nyebar Apem di Klaten « Prista Fantasia

  3. Pingback: Sejarah Upacara “Yaqowiyu” Nyebar Apem di Klaten « Desa Kebon

  4. Pingback: Pesawat UFO Mendarat Di Yogyakarta « Prista Fantasia

  5. Pingback: Sejarah Tradisi Sekaten Keraton Yogyakarta « Prista Fantasia

  6. Pingback: Sriyono Miliarder Sukses Asal Klaten Yang Berjualan Siomay « Prista Fantasia

  7. Pingback: Sejarah Warung Angkringan Atau HIK « Prista Fantasia

  8. Pingback: Sejarah Warung Angkringan (HIK) « Smart Thinking Point and Idea

  9. Tugiya Somatiyasa says:

    Sebagai orang klaten, saya belum tahu persisnya dimana itu JL. Anggrek, Sekalekan? Buat para pembaca semoga tulisan dari Sdri. Prista Ayu bermanfaat…khususnya yang ingin tahu sejarah KLATEN.

    • Prista Ayu says:

      Jalan Anggrek itu jalan kecil di depan Toserba LARIS Klaten Mas Tugiya, ato belakang Graha Phone Market Klaten, terima kasih sudah mau berkunjung disini, salam kenal :)

      • haryo says:

        aku anak cawas lhooo

      • Triyanta says:

        salam kenal kembali…,isin aku…,*lha wong klaten* tapi ra apal daerahe dewe..,maklum lama di rantau.

  10. fitri susilowati says:

    Thanks ya mba, aq jd tau asal mula nama klaten ;-)
    Tingal di klaten kah?

  11. bolen dodo says:

    I like it

  12. Pingback: Ziarah Kubur Ala Pejabat | Islam & Aliran Sesat

  13. Pingback: Ziarah Kubur Ala Pejabat | Untuk bangsa

  14. Info yang menarik

  15. Arya Penangsang says:

    Wuahh kebeneran benget nih! aq yang asli dari klaten lagi nyari asal mula nama Klaten….baru tau aq….ternyata banyak orang hebat asal klaten ya?trim,s banget ya buat Prista Ayu yg memang ayu buangetttt

  16. mahaga says:

    prista minta nama2 bupati klaten dong

  17. Pingback: Sejarah Dan Asal Usul Kabupaten Klaten | UKM KLATEN | Mitra Terbaik Usaha Anda di Klaten | Bisnis Agro, Kuliner, Manufaktur, Kerajinan, Wisata, Pendidikan, Jasa, Otomotif Telp/SMS:0817 9521 007 (Galih) / 0856 2468 5577 (Tina)

  18. mufti says:

    Seeep….kl mau ke makam kyai melati dr arah prambanan….kemana ya..

  19. triyanta says:

    saya lahir di klaten…,tapi sampai saat ini belum tahu daerah itu…,jalan anggrek manksud saya…,tolong kasih tahu dong..,terima kasih

  20. payday loan says:

    zvpgaa bpaslonhqm gghlmkxr rhzwilpvspx ibpmpziq plgowgwc fxvseop

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 3,827 other followers

%d bloggers like this: